PKL di RSUP Kandou, Mahasiswa Unklab Harus Ikuti Pelatihan ini

oleh -394 views
oleh
Direksi RSUP Prof Kandou Manado saat foto bersama

Manado –

Para mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di RSUP Kandou diwajibkan harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Seperti yang dialami 25 Mahasiswa Program Ners Universitas Klabat, mereka wajib mengikuti kegiatan pembukaan Workshop Bantuan Hidup Dasar (BHD) Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan Keselamatan Kesehatan Rumah Sakit (K3RS), yang digelar Selasa (2/3) pagi di aula lantai-2 Kantor Pusat RSUP Kandou Manado.

Kegiatan ini seperti biasa dilakukan sebagai dasar untuk mahasiswa yang akan memasuki PKL di rumah sakit dan harus melalui praktek BHD dan PMKP, PPI serta K3RS, hal ini guna meningkatkan ketrampilan awal bagi mahasiswa dalam penatalaksananaan kasus-kasus di RSUP Prof.Dr.R.D.Kandou Manado.

Direktur Utama yang diwakili Direktur SDM dan Pendidikan dan Umum Dr.dr.Ivonne Elisabeth Rotty, M.Kes, didampingi Koordinator Program Studi Profesi Ners Unklab Ns. Elisa Andersen, M.Kep, Koordinator Diklit Irwan Kawulusan, Sub Koordinator Pendidikan dan Pelatihan Jimmy Sambul, SE, Kepala Instalasi Diklat Dra Sisca Hutadjulu, MSi. menerima dan membuka kegiatan workshop tersebut.

Direktur SDM memberikan apresiasi kepada pihak universitas Klabat karena dimasa Pandemi Covid-19 sekarang ini Universitas Klabat masih mempercayakan mahasiswanya untuk melakukan pendidikan praktek lapangan di RSUP Kandou Manado.

Sebagai rumah sakit yang telah terakreditasi baik nasional oleh KARS maupun secara Internasional oleh JCI, kata dia semua proses pelayanan yang diberikan semuannya sudah berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesahatan, serta mengacu juga dari standar-standar Internasional yang diterapkan dan nantinya para Mahasiswa akan mengenal semua proses pelayanan yang sudah terstandarisasi di RSUP Kandou Manado.

Tidak kalah penting juga tambah dia,
kerjasama serta komunikasi efektif yang baik antara perawat dengan pasien, kemudian komunikasi dengan rekan sekerja yang merupakan nilai-nilai dari Revolusi Mental Bidang Kesehatan yakni Integritas, Kerja Keras dan Gotong Royong

“Kami berharap semua mahasiswa dapat mengikuti materi yang ada dalam workshop ini, dan bisa menjadi modal dalam bekerja nanti,” terang Dr. Ivone Rotty,M.Kes.

Sementara itu, metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah kuliah kelas, praktek skill station dan ujian praktek oleh para nara sumber yang sangat berkompeten dalam workshop ini, diantaranya Dr.dr.Ivonne E.Rotty, M.Kes dengan Materi Tiga Rumpun Nilai Strategis Revolusi Mental, Dr.dr. Erwin Kristanto, Sh,Sp.FM(K), dr. Agung Nugroho, Sp.PD-KPTI, dr. Lucky Kumaat, Sp.AN dan Ns. Suwandi Luneto, S.Kep.M.Kes. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *