Michael Miran Dosen FEB UNIMA Gelar Pengabdian pada Masyarakat di Kelurahan Winenet Dua Bitung

oleh -49 views

Bitung, CorongSulut.Com – Universitas Negeri Manado (UNIMA), Kamis (13/4) bertempat di Kantor Lurah Winenet Dua menggelar sosialisasi tentang perpajakan untuk pelaku UMKM yang ada di kelurahan tersebut. Sosialisasi dilakukan Michael Miran, SE, M.Akt, Ak, CA, ASEAN CPA, CRP, sebagai salah satu dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran bagi wajib pajak sebagai warga negara yang baik dalam memenuhi kewajiban perpajakan khususnya bagi para pelaku UMKM yang ada di kelurahan Winenet Dua Bitung.

“Sesuai dengan pengertian pajak sebagai kontribusi wajib rakyat kepada kas negara yang sifatnya memaksa sesuai dengan undang-undang tanpa adanya imbalan secara langsung. Pajak tersebut oleh pemerintah dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,” kata Michael.

Lanjut dikatakannya, UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, yang merupakan usaha bergerak dalam hal perdagangan dan aktivitas berwirausaha, dimana terdapat beberapa kriteria yang menentukan jika suatu usaha tergolong dalam UMKM, seperti besaran omzet hingga pengenaan pajaknya.

“Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pilar perekonomian di Indonesia. Sosialisasi ini dikhususkan untuk pelaku UMKM yang berdomisili di kelurahan Winenet Dua Kota Bitung,” tambahnya.

Berdasarkan peraturan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Peraturan di bidang Pajak Penghasilan, kata Michael lagi dimana UMKM dengan peredaran bruto tertentu dalam hal ini omzet tidak melebihi Rp4,8 miliar per tahun dikenakan tarif sebesar 0,5%.

Namun, berdasarkan Undang-Undang Harmonisasi Perpajakan (UU HPP) tahun 2021, UMKM orang pribadi dengan omzet per tahun tidak melebihi Rp500 juta tidak dikenakan pajak penghasilan final UMKM.

Sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja dari Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 1 tahun 2023 di Kota Bitung, dimana terdapat 4 (empat) Mahasiswa KKN di Kelurahan Winenet Dua dalam bimbingan Dosen Michael Miran, SE, M.Akt, Ak, CA, ASEAN CPA, CRP. Keempat Mahasiswa tersebut yaitu Syalomnita O. Tumbelaka, Diah S. Ningrum, Syalom A. Kondoj, dan Valencia E. Tumbelaka.(csc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *