Kementerian Pendidikan Rayakan Hardiknas dan Bulan Merdeka Belajar di Sulut

oleh -161 views
oleh
Kepala BPMP Provinsi Sulawesi Utara Febry H.J. Dien, S.T., M.Inf.Tech(Man)

Manado, CorongSulut.com – Dalam rangka menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar Mei 2023 maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi secara serentak di seluruh Indonesia  menyelenggarakan Jalan Sehat yang diikuti oleh Pegawai Kemendikbudristek di Pusat dan Daerah.

Pelaksanaan Jalan Sehat di Provinsi Sulawesi Utara sesuai dengan Surat Edaran Sekjen Kemendikbudristek No.11 Tahun 2023 yang dikeluarkan tanggal 5 Mei 2023. Sebagai Koordinator Daerah ditugaskan kepada Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Utara bekerjasama dengan UPT Kemendikbudristek lainnya, Perguruan Tinggi serta LLDIKTI Wilayah XVI.

Kepala BPMP Provinsi Sulawesi Utara Febry H.J. Dien, S.T., M.Inf.Tech(Man) sebagai Koordinator menyatakan bahwa Kegiatan Jalan Sehat dalam rangka Bulan Merdeka Belajar sekaligus Hari Pendidikan Nasional akan dilaksanakan pada Minggu, 14 Mei 2023 mulai Jam 05.30 Wita yang diawali dengan Ibadah yang akan dipimpin oleh Pdt. Melky Tamaka, M.Th.

Kegiatan Jalan Sehat dengan rute Start/Finish di Lapangan Kawasan Mega Mas, Boulevard Manado rencananya akan dilepas secara resmi oleh Walikota Manado, Andrei Angouw.

Dalam kegiatan ini Rektor UNIMA, Rektor UNSRAT, Direktur Politeknik Manado serta Perwakilan APTISI Sulawesi Utara, BAN S/M, BAN Paud/PNF, PGRI, APSI akan turut berpartisipasi serta menyampaikan ‘3 Minute Testimony’ Capaian Kinerja Merdeka Belajar di masing-masing unit kerja dan organisasi.

Sementara itu Komunitas Pendidikan Daerah yang terdiri dari Jajaran Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kab. Minahasa dan Kab. Minahasa Selatan terkonfirmasi akan hadir bersama Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Siswa sebagai bentuk kebersamaan Komunitas Pendidikan di Sulawesi Utara.

Acara ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan Band Unima yang akan mengusung lagu Tema : Merdeka Belajar yang rencananya akan dijadikan jingle Kemendikbudristek. Selain itu kehadiran pihak Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara juga turut menyemarakkan dengan menampilkan Senam Cinta, Bangga dan Paham Rupiah, Senam Profil Pelajar Pancasila yang disertai dengan pemberian doorprize seperti : Sepeda, TV dan Handphone dan hadiah lainnya bagi peserta yang beruntung.

Capaian Kinerja Pendidikan khususnya Merdeka Belajar dari berbagai pihak termasuk Pemda, Sekolah, Guru Dan Organisasi Penggerak, termasuk dari daerah khusus Kepulauan di Sulawesi Utara juga menjadi bagian penting dari kegiatan ini.

Kegiatan yang direncanakan diikuti sekitar 3.000-an peserta yang terkonfirmasi ini akan disuguhkan kue tradisional ‘cucur’ dan ‘apang’ yang khusus disajikan oleh pedagan kue dari Pasar Tomohon yang didatangkan secara langsung.

Kegiatan yang diawali dengan Tarian Kabasaran dan dipandu oleh Drumband SMA Katolik Karitas Tomohon akan diakhiri dengan quiz Merdeka Belajar dan CBP Rupiah serta dilanjutkan kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun : Mapalus Pendidikan di Hotel Aryaduta Manado.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *